Langsung ke konten utama

Cara Riset Keyword dengan Google AdWords Keyword Tool

Cara riset keyword dengan Google AdWords Keyword Tool memang sangat penting untuk dilakukan. Tujuan dari riset keyword adalah untuk mencari keyword-keyword yang menguntungkan dan bisa mendatangkan banyak pengunjung ke blog anda.

Bagian ini termasuk dalam bagian awal dalam SEO setelah Cara Memilih Tema Blog Terbaik dan menentukan blog yang akan dibuat. Bagian ini juga termasuk hal terpenting dalam SEO karena menyangkut masalah traffic blog anda.

Jika dilakukan dengan benar, maka mungkin saja traffic blog anda akan besar. Dan sebaliknya, jika anda salah dalam melakukan riset keyword, maka mungkin saja traffic blog anda akan sedikit.

UPDATE: BERHUBUNG ARTIKEL INI SUDAH BASI KARENA KEYWORD TOOL SUDAH DITUTUP OLEH PIHAK GOOGLE DAN SUDAH ADA GANTINYA, MAKA SILAHKAN BACA ARTIKEL UPDATE NYA DISINI

Jadi, mari kita mulai saja pembahasan mengenai cara riset keyword dengan Google Adwords Keyword Tool ini...

Hal penting yang perlu anda ketahui dalam pemilihan keyword

Dalam pemilihan keyword, kita tidak boleh asal-asalan dalam memilihnya, ada hal-hal  yang harus anda perhatikan dalam memilih keyword agar proses optimasi SEO nanti akan berjalan lebih mudah. Berikut ini adalah parameter-parameternya...
  1. Anda harus memilih keyword terlebih dahulu, keyword dimana anda ingin situs anda rangking tinggi di Google. Anda harus jelas dengan keyword yang anda incar sebagai keyword utama untuk situs anda.
  2. Keyword yang anda pilih harus memiliki tingkat kompetisi yang bisa anda taklukkan. Agar proses SEO nanti akan lebih mudah.
  3. Keyword-keyword yang anda incar, selain memiliki kompetisi di tingkat yang bisa anda taklukkan, juga harus memiliki potensi trafik yang menguntungkan bagi blog anda.
Setelah anda mengerti hal-hal penting dalam pemilihan keyword, sekarang mari kita bahas cara melakukan riset kata kunci

Cara riset keyword dengan Google Keyword Tool

Jadi, mari kita mulai saja pembahasan mengenai cara riset keyword dengan Google Keyword Tool ini..

Saya buat contoh kasus dulu, misalnya saya akan membuat toko online lele, dan tujuan saya buat situs lele adalah untuk menjual lele, peralatan lele, pakan lele, dan semua yang berhubungan dengan lele. Jadi kita akan meriset keyword lele. Mari kita riset keyword tersebut. 
  • Masuk ke Google Adwords External Keyword Tool
  • Silahkan sign in terlebih dahulu jika anda kesulitan mengisi kode Chaptca
  • Setelah sign in, lihat pada bagian Match Types di sidebar kiri. Centang [Exact]
  • Ganti juga tab Ad group ideas (Beta) menjadi Keyword ideas
  • Silahkan masukkan lele pada kolom Word or phrase (kata atau frasa). Kemudian pilih negara target pasaran anda, misalnya Indonesia
  • Hasilnya akan terlihat seperti ini..
Centang [Exact], ganti tab Ad Group Ideas menjadi Keyword Ideas, kemudian masukkan lele pada Word or Phrase
    • Di hasil ide keyword, silakan centang beberapa keyword yang menurut anda relevan dengan target situs anda.  
    • Klik Download, kemudian klik My Keyword ideas. Lihat gambar dibawah ini..
    Klik Download, kemudian klik My Keyword ideas.
    • Nanti akan muncul seperti ini..
      Silahkan pilih CSV for Excel pada bagian Format. Kemudian klik Download
      • Silahkan pilih CSV for Excel pada bagian Format. Kemudian klik Download
      • Tunggu hingga download selesai, kemudian buka file nya. Akan terlihat seperti ini..
      Tunggu hingga download selesai, kemudian buka file nya
      • Akan saya jelaskan mengenai gambar diatas.  
        1. Warna hitam adalah keyword yang akan anda targetkan
        2. Warna oranye adalah jumlah tingkat persaingan pengiklan dari keyword tersebut. Dan bukan tingkat persaingan di SEARCH ENGINE.
        3. Warna hijau adalah jumlah pencarian dalam Google Monthly Searches, Local Monthly Searches, dan Google Search Network
        4. Warna biru adalah jumlah pencarian selama 12 bulan terakhir
        Jadi sekarang kita sudah mendapat banyak keyword yang akan ditarget. Tapi keyword tersebut masih belum dapat dijadikan sebagai keyword untuk ditarget. Masih ada proses lagi setelah ini yaitu cek persaingan sebuah keyword.

        Setelah menentukan beberapa keyword yang akan ditarget, selanjutnya adalah cara mengetahui persaingan keyword. Silahkan baca Cara mengetahui persaingan keyword. 

        Setelah cek persaingan, sekarang tinggal selangkah lagi yaitu merangkai keyword. 

        Cara Merangkai Keyword

        Sebenarnya mudah saja, anda hanya tinggal memilih satu kata kunci kemudian buat mirip seperti judul artikel. Misalnya keyword "Budidaya Lele". Bisa anda jadikan budidaya ikan lele surabaya. Atau kalau ingin pencariannya lebih tinggi lagi, bisa juga anda jadikan budidaya lele jawa timur. Dan sebagainya..

        atau bisa juga anda menggabungkan antara 2 keyword atau lebih untuk dijadikan sebuah judul artikel. Misalnya Keyword "Budidaya Lele" dengan "Lele Sangkuriang".. Anda bisa menggabungkannya menjadi Budidaya Lele sangkuriang murah.. dan lain-lain.

        Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

        http://www.seoterpadu.com/2013/06/cara-riset-keyword-dengan-google.html

        Komentar

        Postingan populer dari blog ini

        Apa Itu Footprint? Definisi dan Pengertian Footprint SEO Untuk Pemula

        Apa Itu Footprint?   Definisi dan Pengertian Footprint SEO  adalah jejak yang dimiliki oleh suatu script atau platform tertentu, tiap script memiliki sebuah kode khusus yang spesifik dan tidak dimiliki oleh script atau platform lainnya. Saya rasa penjelasan yang saya berikan ini kurang jelas, intinya footprint adalah jejak yang bisa diambil dari platform situs, sampai disini saya harap anda sudah mengerti. Apa Itu Footprint? Definisi dan Pengertian Footprint SEO Jika anda pernah berkunjung ke situs wordpress.org, saya yakin anda pernah melihat teks "powered by wordpress", itu adalah salah satu jejak yang dimiliki oleh situs wordpress. Contoh lain, anda juga pasti pernah melakukan komentar ke blog-blog, dan biasanya ada teks seperti "poskan komentar", "leave a comment", "post a comment", dan lain sebagainya. Dan itu biasanya ciri-ciri yang dimiliki setiap blog yang menyediakan kotak komentar. Nah, itu juga merupakan salah satu contoh dari footp...

        perbedaan frekuensi wifi 2.4 ghz dan 5ghz serta kelebihannya

        Perbedaan Frekuensi WiFi 2.4 GHz dan 5GHz serta Kelebihannya   Pengertian dan Perbedaan Frekuensi WiFi 2.4 GHz dan 5GHz serta Kelebihannya  – Wifi adalah  layanan penyedia sinyal internet  yang bisa membuat beberapa perangkat yang berbeda mengakses sinyal dari satu sumber sinyal yang sama. Pada umumnya sinyal wifi yang ada pada saat ini dibagi kepada sinyal wifi dengan frekuensi 2.4 GHz dan juga 5 GHz. Dengan frekuensi tersebut bisa membantu Kamu untuk mendapatkan sinyal yang baik dan kuat untuk mengakses internet. Mengingat sinyal internet adalah salah satu kebutuhan yang sangat dibutuhkan pada saat ini serta hampir digunakan oleh semua orang tanpa terkecuali, sehingga bagi Kamu yang ingin memasang wifi pada rumahnya bisa terlebih dulu mencari tahu mengenai apa pengertian frekuensi WiFi 2.4 GHz dan 5GHz serta kelebihannya seperti yang dijabarkan berikut ini : Pengertian Singkat Frekuensi 2.4 GHz dan 5GHz Sebelumnya jika kamu ingin memilih router ya...

        PENGERTIAN OCR SCANNER

        Pengertian aplikasi OCR: OCR (Optical Character Recognition) adalah aplikasi yang berfungsi untuk men scan gambar pada image dan dijadikan text, dan aplikasi ini juga bisa menjadi support /aplikasi tambahan untuk scanner. Dengan adanya OCR, Image yang bertulisan tangan, tulisan mesin ketik atau computer text, dapat dimanipulasi. Text yang discan dengan OCR dapat dicari kata per kata atau per kalimat. Dan setiap text dapat dimanipulasi, diganti, atau diberikan barcode. Fungsi aplikasi OCR: Fungsi aplikasi OCR berfungsi untuk merubah data yang telah selasai discan oleh scanner yang akan menjadi file berupa image dan image tersebut akan diconvert atau dijadikan file berupa taxt. https://mamaoublog.wordpress.com/2013/04/14/51/